jual toga wisuda alfairuz ahlinya toga wisuda

Beranda » Blog » sejarah toga

sejarah toga

Diposting pada 14 September 2020 oleh togawisuda / Dilihat: 24 kali

Sejarah baju toga wisuda

Konveksi toga alfairuz  :: produsen penyedia pakaian toga. menerima pesanan toga wisuda, dalam dunia konveksi toga  memiliki beberapa jenis bahan kain toga.

baca :: tips memilih bahan toga

baca juga ::  Tips Memilih Konveksi toga wisuda terpercaya

Biasanya ada beberapa bahan/kain yang konveksi toga alfairuz  gunakan diantaranya : bahan bestway, bahan saten, bahan beludru, jet-black.

lihat juga : toga wisuda sarjana

Sebelum kita membahas mengenai jenis bahan konveksi toga alfairuz untuk toga wisuda. Akan lebih baik kita juga mengetahui dan mengenal arti pakaian toga tersebut.

baca juga : katalog toga anak

Dikutip dari berbagai sumber, ternyata toga berasal dari bahasa latin adalah tego yang berarti penutup, dan berasal dari bahasa Romawi, toga merupakan pakaian kuno yang memiliki panjang -+ 20 meter saat digunakan, pakaian ini digunakan oleh bangsa Etruskan yang hidup sekitar tahun 1200 M.

Toga merupakan busana orang – orang Roawi, yaitu sehelai mantal kain wol tebal yang dikenakan setelah mengenakan cawat atau celemek.

baca : ukuran toga sarjana

Toga diyakini sudah ada sejak Numa Pompilius, Raja Roma yang kedua. Toga di tanggalkan apabila pemakaiannya berada di dalam ruangan, atau jika melakukan pekerjaan berat diladang, akan tetapi toga adalah salah satu busana yang di anggap  pantas untuk di kenakan saat berada di luar ruangan. Hal ini terbukti dalam riwayat arnarnatus ; saat itu  dia sedang membajak ladangnya, tatkala para utusan senat datang untuk mengabarinya bahwa dia telah dijadikan diktaktor.

konveksi toga

Pada jaman adanya awal awal toga di negaranya bahwa bentuk toga belum berbentuk jubah, hanya sebatas beruapa kain sepanjang 6 meter yang penggunaannya hanya di lilitkan ke bagian tubuh sekalipun terlihat kurang praktis dan modis, toga adalah salah satunya jenis pakaian yang di anggap cocok dan pantas waktu seseorang keluar ruangan untuk menutupi tubuh mereka pada waktu itu.

konveksi baju toga wisuda alfairuz tangerang

Konveksi toga alfairuz . sejarah toga setelah itu berkembang di Romawi, waktu dimana toga dijadikannya busana oleh orang – orang Romawi, waktu terus berjalan seiring waktu pemakaian toga untuk busana sehari – hari, kemudian lambat laun perlahan – lahan di tinggalkan dan  namun bukan berarti toga tapi ada perubahan sebab sesudah itu bentuknya berubah menjadi  jubah.

Akhirnya modifikasi itu mengangkat derajat toga dari pakaian sehari – hari menjadi pakaian resmi seremonial, yang mana diantaranya yakni seremonial wisuda

alamat konveksi baju toga wisuda anak di tangerang

Di negeri barat kostum kelulusannya disebut gown. Sementara bentuk topi bujur sangkar itu disebut mortarboard.

 

Waktu tempu pendidikan bervariasi mulai dari 3 – 6 tahun dan apa sih yang paling ditunggu ketika kelulusan di umumkan di bangku kuliah ? tentunya selain seremoni wisuda, foto bersama keluarga tercinta bahkan orang terdekat dalam menempuh kehidupan, dan memakai perlengkapan jubah toga wisuda,prosesi sakral wisuda tidak  lengkap jika kita tidak memakai jubbah, toga memang pakaian yang tidak terlihat modis dalam dunia pakaian akan tetapin kesakraalannya yang menjadi tolak ukur dalam mementukan langkah rencana berikutnya setelah menempuh pendidikan dan juga  memang tidak cocok  jika  di pakai untuk acara-acara resmi seperti ke undangan, pergi ke mall, ke kampus, bahkan saat ngedate dengan teman – teman, walaupun pakaian ini terlihat aneh, tapi akan ada rasa bangga ketika seseorang telah lulus sekolah atau perkuliahan memakai nya, oleh karena itu moment kelulusan adalah momen yang sangat dinantikan.

tips memilih seragam wisuda sarjana

 

Baju toga pada zaman romawi kuno

bangsa Romawi menggunakan toga untuk pakaian sehari-hari namun tidak selalu digunakan setiap hari juga tapi sewaktu waktu, mereka akan melepaskan pakaian toga ketika berada didalam ruangan, juga saat pergi bekerja, walaupun kini toga tidak digunakan setiap hari, toga menjadi pakaian yang menunjukkan derajat seseorang dan kekuasaan, kini toga juga digunakan sebagai pakaian seremonial seperti misalnya wisuda, bentuknya pun berubah menjadi jubah hitam.

Dalam perlengkapan toga, ada pula topi toga yang berbentuk kotak persegi, topi ini memiliki filosofi yang mendalam, yaitu sebagai pemikiran seorang sarjana yang harus bisa berpikir luas, rasional, dan juga cerdas ketika kelulusannya, Namun, ada beberapa bentuk baju toga yang dimodifikasi dan digunakan, setiap universitas dan juga setiap wilayah negara memiliki desain berbeda dan khusus dan umumnya di kita berbentuk segi lima.

Makna warna hitam pakaian wisuda

toga warna hitam

Toga wisuda_konveksi toga alfairuz

 

Konveksi toga alfairuz . mengapa pakaian wisuda atau jubah wisuda yang di sebut toga, identik dengan warna hitam?

jual toga sarjana

Konveksi toga alfairuz, selain membuat jubah atau toga wisuda juga membuat segala pelengkapannya, seperti jual topi wisuda, tabung wisuda, slempang dan lain sebagainya.

 

di negri barat topi yang berbentuk bujursangkar di sebutnya adalah mortarboard (topi mahasiswa dan profesor) ada juga yang menyebutnya graduate cap dan black cap. Tak hanya warna pada jubah wisuda yang membuat banyak filosofi mendalam, ternyata ada juga arti filosofi dari bentuk persegi pada topi toga wisuda. Sudut-sudut persegi pada topi toga wisuda Konveksi toga alfairuz . bagian sudut persegi pada topi toga memberik pesan pada seorang calon sarjana yang di tuntut untuk berfikir rasional serta memandang segala sesuatunya dari hal beraneka sudut pandang.

 

Tali pada mortarboard di sebut juga dengan tassel. dan di amerika serikat Tidak semua tingkat pendidikan selalu memindahkan tali toga dari kiri ke kanan, walau tassel menjadi acsesoris penting pada mortarboard. Misalnya pada mahasiswa pascasarjana (s2) selalu membiarkan tassel di sisi kiri. Warna tassel beragam warnanya, pada tingkat senior high (sebanding SMA) warna tasselnya terdiri dari tiga warna, dan salah satu menjadi warna sekolah tersebut (colour identity). Lalu di tingkat sekolah tinggi juga berbeda warna tasselnya, mahasiswa yang lulus dengan gelar sarjana akan mengenakan warna tassel sesuai dengan identitasnya. Contoh, ada seorang sarjana yang lulus di universitas ternama dan mengambil fakultas hukum warna tasselnya Merah (karna di universitas tersebut fakultas hukum warna tasselnya merah).

 

Tidak hanya filosofi dari bentuk persegi pada topi toga , jubah wisuda pun memiliki arti filosofi yang sangat kental, salah satunya yakni warna hitam pada jubah toga wisuda.

 

Mengapa jubah toga wisuda memakai warna hitam yang sering di identikan dengan perihal yang misterius serta gelap, mengapa tidak warna putih yang menggambarkan kecerahan serta kerindahan?

Sakral dalam pemilihan warna hitam yang gelap pada jubah wisuda adalah filosofi keagungan dalam simbolisasi misteri yang sudah di lewati sarjana waktu mereka menempuh pendidikan di bangku kuliahnya, dan bukan hanya  itu calon sarjana yang akan keluar dari dunia pendidikan di harapkan mampu memberikan dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang selama ini mereka dapatkan.

Tags: , , , , , , , , ,

Bagikan ke

sejarah toga

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

sejarah toga

Tutup Sidebar
Sidebar
RSS
Follow by Email
X (Twitter)
YouTube
Pinterest
Pinterest
fb-share-icon
LinkedIn
LinkedIn
Share
Instagram
Telegram
VK
VK
VK
WhatsApp
FbMessenger
Tiktok
error: Content is protected !!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja